Friday, March 30, 2018

#Edisi Kapal 1

Kapal Pinisi...
Kapal pinisi adalah kapal asli Bangsa Indonesia, yang dibuat oleh suku bugis dan suku makassar di Sulawesi Selatan. Sentra pembuatan kapal pinisi adalah di Kabupaten Bulukumba. Ciri khas kapal Pinisi terletak pada dua tiang utama dan umumnya dilengkapi dengan 7 layar. 3 layar di haluan kapal, 2 layar di tiang depan dan 2 layar lainnya di tiang belakang. Ciri khas lainnya adalah bentuk linggi haluan yang menjorok ke depan dengan sudut kemiringan linggi haluan bisa mencapai max 45° dari garis lunas.
Kapal pinisi merupakan satu2nya kapal yang terbuat dari kayu yang dibuat hingga berukuran besar, dengan panjang kapal hingga 40 m. Yaaa... kapal pinisi adalah "hand made". Buatan tangan2 trampil anak bangsa.
Ketangguhan kapal pinisi telah terbukti saat di tahun 1986, mampu mengarungi samudera, Indonesia - Vancouver, Kanada.
Saat ini, kapal pinisi umum digunakan sebagal kapal niaga. Akan tetapi bentuk linggi haluan kapal pinisi tetap digunakan sebagai ciri khas kapal penangkap ikan yang dibuat di Bulukumba.

Kapal pinisi kembali mengembangkan layarnya....
Kali ini bukan sebagai kapal niaga. Bukan sebagai kapal pemecah rekor, bukan sebagai kapal penangkap ikan.... akan tetapi kapal pinisi sebagai kapal pendidikan.
Foto di bawah adalah Kapal Pinisi Pendidikan (Pic: taken by Prof Indra Jaya). Ditambat di pantai Losari, Makassar.
Kapal dibuat oleh anak bangsa yang sangat peduli dengan warisan leluhur. Anak bangsa yang peduli dengan pendidikan anak2.
Di atas kapal, anak2 akan diberikan ilmu pengetahuan termasuk ilmu kemaritiman sambil kapal bergerak mengelilingi pulau2 kecil yang ada di depan Pantai Losari.
Salam C, Salam Perikanan dan Kelautan Indonesia...
(Disadur dari beberapa sumber)

No comments:

Post a Comment